MSC 2018 “Together to Win”

(24/05) Tahun 2018 merupakan tahun ke-3 bagi Himpunan Mahasiswa Manajemen UNIKOM menyelenggarakan acara Management Sport Championship. Dengan tema “Together to Win”, acara Management Sport Championship digelar dengan sukses. Management Sport Championship atau yang biasa di kenal dengan MSC ini merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh HIMMA UNIKOM. Untuk tahun ini, game online Mobile Legend dimasukkan kedalam daftar cabang olahraga yang di tandingkan di MSC. Melihat fenomena banyaknya masyarakat Manajemen yang memainkan game online ini menjadikan salah satu alasan ditambahkannya cabang olahraga ini.

Kegiatan MSC 2018 ini berlangsung pada tanggal 7 sampai dengan 11 Mei 2018. MSC 2018 berlangsung di tiga tempat arena olahraga yaitu di Sarana Olahraga Ganesha (SARAGA), Parahyangan Reksa Raga (PASAGA), dan Gor Prestasi. Ditambah tiga arena kampus, tepatnya di lapangan UNIKOM, ruang 4310 dan 4308 Kampus I Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM).

Arena pertama dilaksanakan di Sarana Olahraga Ganesha (SARAGA) untuk cabang olahraga Atletik. Dimana cabang olahraga ini membawahi dua cabang olahraga, yaitu Sprint dan Estafet. Di cabang olahraga Sprint ada perlombaan Sprint Putra dan Sprint Putri yang di mana total keseluruhan ada 15 tim dari perwakilan kelas masing-masing. Sedangkan cabang olahraga Estafet terdiri dari 13 tim, dimana 1 tim nya terdiri dari 4 orang yang merupakan perwakilan dari tiap kelas. Acaranya pun berjalan dengan lancar namun ada beberapa tim yang gugur karena tidak datang disaat perlombaan. Serta ada beberapa perserta lomba Sprint Putri yang keluar jalur saat pertandingan dan itu sudah di peringati. Menurut Sandy Pratama Rinaldi selaku penanggung jawab dari cabang olahraga Atletik, kendala di cabang olahraga Sprint dan Estafet hanya kekurangan panitia, yang dimana ada beberapa panitia yang berhalangan hadir dikarenakan sakit. Hasil dari pertandingan cabang olahraga Sprint adalah juara 1 Putra di menangkan oleh Manajemen 5 angkatan 2017 dengan catatan waktu 12,95 detik. Untuk cabang olahraga Estafet adalah juara 1 dimenangkan oleh Manajemen 5 angkatan 2017 dengan catatan waktu 1.10.93 detik.

Masih di tempat yang sama, cabang olahraga Basket juga dilakukan di Sarana Olahraga Ganesha. Di cabang olahraga Basket ada 3 Tim Putra dan 3 Tim Putri yang mewakili angkatan 2015, 2016, dan 2017. Cabang olahraga Basket berjalan dengan lancar pada saat pertandingan. Menurut Hirim Enjelina Gultom selaku penanggung jawab dari cabang olahraga Basket, ada beberapa kendala seperti kekurangan panitia, peralatan medis, dan lain-lain. Hasil dari pertandingan cabang olahraga Basket adalah juara 1 Putra maupun Putri dimenangkan oleh angkatan 2016.

Tempat kedua di adakannya MSC ini di Lapangan UNIKOM untuk cabang olahraga Volly. Tim yang mendaftar totalnya ada 5 tim. Pertandingan Volly diketahui berjalan dengan lancar. Menurut Azhar Hadi selaku penanggung jawab dari cabang olahraga Volly, terdapat kendala yaitu para pemain yang jadwalnya bertabrakan dengan cabang olahraga lain. Hasil dari pertandingan Volly di menangkan oleh angkatan 2016 untuk kategori Putra maupun Putri.

Tempat ketiga yaitu di Gor Prestasi untuk cabang olahraga Badminton. Peserta yang melakukan pertandingan yaitu Ganda putra sebanyak 15 orang, dan Ganda campuran sebanyak 11 orang. Menurut laporan, di hari pertama terjadi keterlambatan panitia sedangkan peserta sudah datang lebih dulu di gor, namun waktu pertandingan selesai kurang dari jam 16.00 WIB. Hari kedua, banyak peserta yang datang terlambat, dan wasit hanya ada 1 seharusnya 2, dan waktu pertandingan juga selesai kurang dari jam 16.00 WIB. Hari ketiga, acara berjalan sesuai dengan rundown, pertandingan lebih menegangkan karena sistemnya sudah masuk ke babak penyisihan menuju final. Menurut Armitha Widyanti selaku penanggung jawab dari cabang olahraga Badminton, tidak ada kendala yang berarti. Hasil dari pertandingan Badminton dari ganda putra adalah Manajemen 1 angkatan 2015 dan Manajemen 4 angkatan 2017. Sedangkan dari ganda campuran dimenangkan oleh Manajemen 2 angkatan 2016 dan Manajemen 3 angkatan 2017.

Tempa keempat yaitu di ruangan 4308 Kampus I UNIKOM untuk cabang olahraga Mobile Legend. Total tim yang mengikuti pertandingan ada 18 tim. Cabang olahraga Mobile Legend berjalan dengan lancar. Menurut Muhammad Nur Chairul selaku penanggung jawab dari cabang olahraga Mobile Legend, terdapat beberapa kendala yaitu tempat yang kurang nyaman, tempat ruang kelas yang sempit. Beberapa provider memiliki sinyal yang kurang stabil. Waktu yang ngaret. Pantia yang menjadi wasit kurang mengerti Mobile Legend. Tempat yang kurang kondusif. Acara Mobile Legend yang kurang ramai di karnakan kurangnnya tim acara bagi. Perlunya sponsor, dan baterai mic speaker dan peralatan lainnya yang kurang siap. Hasil dari pertandingan Mobile Legend adalah dimenangkan oleh Manajemen 5 angkatan 2015.

Tempat kelima yaitu di ruangan 4310 Kampus I UNIKOM untuk cabang olahraga Catur. Jumlah peserta yang hadir dan mengikuti pertandingan ada 10 orang. Menurut laporan, pertandingan Catur berjalan dengan sangat lancar. Menurut Muhammad Nur Chairul selaku penanggung jawab dari cabang olahraga Catur, terdapat beberapa kendala yaitu papan catur yang kurang, jam catur kurang, wasit kurang memahami sepenuhnya peraturan catur, dan desain tempat yang biasa. Hasil dari pertandingan Catur adalah di menangkan oleh Luky Pratama dari Manajemen 1 angkatan 2017.

Dan untuk cabang olahraga yang terakhir yaitu Futsal yang bertempat di Parahyangan Reksa Raga (PASAGA). Total tim yang mengikuti pertandingan ada 16 tim. Menurut laporan, pertandingan berjalan lancar dan juga seru karena banyak tim-tim muda yang lolos sampai perempat final menandakan Manajemen memiliki penerus yang baik. Menurut Ari Andria Pratama selaku penanggung jawab dari cabang olahraga Futsal, ada beberapa kendala yaitu tim masih ada yang terlambat datang ke lapang dan bahkan ada yang di diskualifikasi karena tidak hadir. Hasil dari pertandingan Futsal adalah di menangkan oleh tim Si Tampan dengan skor 2-1 melawan Just For Laugh.

Adapun kesan dan pesan acara MSC 2018 dan juga harapan untuk MSC di tahun depan dari ketua umum HIMMA periode 2017-2018, Dicky Ramadhan Dwiyanto. Kesan dan pesannya sebagai berikut, “Kesannya MSC tahun ini Alhamdulillah berjalan dengan lancar meskipun acara nya di dakan pada saat libur tapi mahasiswa manajemen tetap ikut berpartisipasi dalam acara MSC ini. Karena acara MSC ini dibuat untuk mahasiswa manajemen. Dimana saya yakin mahasiswa manajemen tidak hanya berbakat atau tidak hanya berprestasi dalam bidang akademik saja, tetapi dalam bidang olahraga pun memiliki keahlian atau prestasi. Jadi acara ini harus kita laksanakan dan harus kita lakukan untuk mencari bakat-bakat dari mahasiswa manajemen. Dan Alhamdulillah acara nya dari hari pertama samapai akhir Alhamdulillah berjalan dengan lancar meskipun ada sedikit kendala. Yang namanya sebuah kegiatan pasti ada kendalanya, tetapi bisa kita selesaikan sampai akhir. Kalau pesannya Semoga dari acara MSC kemarin kita bisa saling kenal satu sama lain, semakin dekat dengan seluruh sobat Manajemen. Dan selalu jaga sportifitas dalam permainan. Dan harapan di tahun depan sebagai berikut, semoga MSC berikutnya lebih hebat lagi dari MSC yang sekarang, SEMANGAT!!!”

By: Humas, Rizkita Chaerunissa